Langsung ke konten utama

Ini Pilihanku Bukan Pilihanmu Karena Masa Depan Berada Di Tangan Kalian Bukan Orang Lain

sedih bareng dll. Pokoknya banyak dah yang kita alami lantas di waktu aku kelas 12 aku dan kawan - kawanku sedang tanya jawab mengenai Kelulusan lalu Oliv menanyakan saya mengenai Universitas yang diinginkan untuk aku " Oliv : Cit , kamu mau kuliah dimana dan ambil jurusan apa ? " Aku menjawab dengan bersenda gurau " Citra : Aku mau kuliah di Surabaya mau ambil Jurusan Ilmu Komunikasi ? " Oliv menanyakan Universitas dengan geli " Oliv : Kuliah dimana citra ? " Aku menjawab dengan serius " Citra : Aku mau kuliah di Universitas Bhayangkara " Oliv menanyakan aku lagi dengan begitu kaget " Oliv : Wah kamu jauh banget kuliahnya " Aku membalas dengan tertawa lalu aku tanya balik dengan dia " Citra : Hahahahah iya nih , kalau kamu mau Kuliah dimana ?? " Dia menjawab dengan cekakak cekikukan " Oliv : Kalau aku mau kuliah di UMN sedangkan si Alya UBL ( Universitas Budi Luhur ) Klo si Fifi mau kuliah di Esgul ( Universitas Esa Unggul ) mau ambil PR sama Psikolog lalu dia menggurutu teman - temannya lagi klo si Tite mau kuliah di UMB ( Universitas Mercu Buana ) mau ambil psikologi lalu aku ikutan menggurutu juga klo aku kuliahnya di Dr. Moestopo , UBL , Mercu Buana , sama Binus *Azekkkk* dia menggerutu lagi soal universitas klo aku mau kuliah di Binus aja deh lantas aku menggerutu lagi " Udah daripada kita pusing soal kuliah dimana lebih baik kita masuk Universitas Swiss German bareng - bareng aja deh " Oliv : Eiyyyy klo mau masuk Swiss German University kamu harus pinter - pinter ngomong bahasa inggris , memangnya kamu udah lancar ngomong bahasa Inggris ?? " Aku menjawab dengan kaku " Citra : Ehmmm.....Lumayan sih wkwkwkw " lalu sih Oliv langsung songong di depan gua wkwkwkwkwk dia bermaksud untuk guyon " Oliv : Klo aku bisa bahasa Inggris dong buktinya aja aku bahasa inggris selalu dapet nilai bagus klo aku mah pasti masuk UI dah " aku langsung mikir " Aku : Heyyy orang yang kayak kamu gak mungkin kamu masuk UI kamu klo udah berkali-kali tes di UI sudah ditolak 3x nangis2 kamu , kamu mah pantes ya di Mercu " Oliv langsung ngakak " Oliv : Jiah......Emangnya kenapa ?? Klo aku ditolak di UI sedangkan di Mercu diterima " Aku langsung menebak" sok - sokan ala Ki Joko Bodo " Citra : Karena klo di UI banyak yang hedon - hedon klo kamu maen sama mereka ntar yg ada di bully sedangkan di Mercu kamu pasti diterima karena apa adanya *jiah* " Setelah dia mengakhiri obrolan mengenai kuliah dia langsung menyarankan aku begini yang tidak penting buat masa depanku " Oliv : Sudah..... Sudah mendingan kamu nikah aja daripada kamu kuliah buang - buang duit orang tua kan kasihan " Aku langsung berkata dari dalam hati dengan serius " Citra : Heiii sori ya aku tidak punya pikiran menikah di usia muda karena aku ingin menikmati masa muda dengan cara melakukan mencari uang maupun mencari ilmu asalkan aku menjalaninya benar - benar serius  , pikiranku masih labil belum begitu fix , aku belum siap menjadi seorang istri ataupun ibu dari anak - anaknya yang begitu cepat , aku belum bisa masak , aku belum bisa membina rumah tangga di usia yang relatif muda , belum ada jodohnya , tidak terobsesi menikah muda , dll. Ehmmm , iya sih yang namanya menikah itu bukan patokan usia melainkan juga harus ada kesiapan fisik , mental dan ekonomi yang harus diperkuatkan. Klo secara agama : tujuan menikah muda itu untuk menghindari perzinahan dan juga itu melakukan ibadah , secara ekonomi : tujuan menikah muda untuk mengembangkan perekonomian bagi seorang istri maupun suami sehingga dia bisa membiayai anak - anaknya dengan mapan karena mereka telah berkecukupan , secara psikologis : tujuan menikah muda untuk meningkatkan aktivitas dengan penuh semangat , meningkatkan keceriaan dengan seorang anak , membantu perekonomian si ceweknya , meningkatkan fisik , metal , dan psikis & membina rumah tangga dengan amanah. Secara kesehatan : Lebih puas untuk urusan intim , mengurangi resiko dan bahaya dari efek melahirkan dan lebih puas dalam bercinta. Tetapi sayangnya dalam secara psikologis , ekonomi , kesehatan , fisik dan mental semuanya itu belum tentu benar di diri saya karena kenapa ??

1. Secara ekonomi , aku belum mapan alias belum memiliki rumah , kendaraan , perabotan rumah , uang , dan pangan. Karena aku belum bisa mengurus finansial keuangan suami di usia muda nanti yang ada menjadi keteteran , belum punya uang dari hasil kerja keras masa iya kita menikah masih dibiayain ortu ?? Kan gak mungkin aku gak mau momen - momen pernikahanku menjadi hancur lebur cuma gara" aku gak bisa membina rumah tangga klo aku gak bisa jangan dipaksa lha daripada kasihan sama diriku sendiri.



2. Secara Psikologis , aku masih labil , aku harus menikmati masa mudaku dengan baik sebelum aku menyesal , aku harus mempersiapkan secara 100% matang & siap menjadi seorang istri ataupun ibu dari anak-anaknya , harus benar - benar mengurusi anak dan suami klo tidak ?? Alamat , siap - siap ditinggalin


3. Secara kesehatan , dinding rahimku masih muda belum terlalu matang ntar klo misalnya aku hamil di usia yang muda nanti penyebabnya bisa ada di diri aku gimana ?? Kan kasihan sama diriku aku tidak mau mengalami pendarahan , aku tidak mau mengalami sakit kanker rahim yang begitu menakutkan dsb. Pokoknya aku tidak mau !!!



4. Secara Fisik , fisik aku belum begitu kuat lalu aku gak bisa masak klo aku gak bisa masak mau makan apa anak - anakku nanti ?



5. Secara Mental , aku masih labil dan itupun aku harus memikirkan dengan 100% fix










Ya begitulah alasanku tadi tidak ingin menikah muda karena kenapa ?? Aku belum siap dan aku harus fokus mencari ilmu maupun mencari uang supaya aku pas udah nikahnya nanti enak. Klo aku gak lanjut kuliah pas tahun kelulusannya nanti sih gak papa dan aku harus benar - benar punya niat keinginan kuliah kata Bu Choironi , kuliah itu penting karena pendidikan itu nomer 1 bisa dibawa ke masa depannya nanti baik di dunia maupun di akhirat toh klo sudah mati kita tidak sekedar bawa amal ibadah juga melainkan bawa ilmu dan ilmu itu sebagai bekal untuk ke surga nanti. Klo mau kerja dulu juga gak papa yang penting duitnya bisa buat membiayai ortu dan membiayai kuliahnya nanti asalkan setelah lulus SMA nanti jangan lanjut langsung menikah karena klo menikah ntar yang ada anaknya gede duluan masa iya di usia 18 anak - anak yang lainnya pada senang - senang menikmati masa muda , menuntut ilmu ( kuliah ) dan bekerja demi masa depannya masa kamu yang masih segini sedang menimang anaknya kan gak lucu. Toh , masa depanmu itu ada di tanganmu sendiri bukan di tangan orang lain oke !!! Klo aku secara pribadi sih lebih baik aku gak kuliah yang penting aku bisa kursus lalu bekerja ataupun buka bisnis yang aku geluti daripada aku menikah karena klo aku kursus aku bisa memiliki keahlian dan bisnisnya bisa buat kepentingan aku sendiri , membiayai adik"ku dan ngebahagiain orang tuaku jadi aku gak perlu bekerja di tempat orang lain klo aku kerja mamaku mengatakan nanti kamu gak bisa mawas diri lha. Ya itu sih kembali pada diri masing - masing kamu setelah lulus SMA/SMK mau kemana ?? Asalkan kamu harus benar - benar niat dalam menjalankan tugasnya dengan cara apapun Insyaallah kalian pasti bakal bersinar walaupun ada kendala apapun. Klo kalian ingin pilih kuliah gak papa asalkan kalian harus menjalankan kuliahnya dengan benar , giat belajar dengan serius , dan harus punya semangat tinggi karena kuliah itu tidak semudah di saat waktu kita masih sekolah yang gini - gini lha gitu - gitu lha itupun ada tugas yang begitu berat apalagi yang kuliahnya masih dibiayai ortu itupun udah kasihan banget padahal udah capek-capek bayarin kuliah kita eh tau"nya ngejalaninnya gak bener. Klo kalian ingin kuliah menjalaninya dengan baik & benar kamu harus pilih jurusan yang sesuai kemampuan kamu , passion kamu dan kesukaan kamu klo kalian mau kuliah ambil jurusan yang kalian inginkan lalu tidak sesuai passion kalian , kemampuan kalian dan kesukaan kalian siap" kalian berhenti di tengah jalan. Kalian ingin bekerja ?? Gak papa juga itu malah bagus buat uang jajan kamu sehari - hari jadi kamu tidak perlu minta duit sama ortu dan kamu harus gantian membiayai ortu kalian jadi itung-itung gaji kalian bisa dipake buat bayar kuliah nanti. Klo mau kuliah sambil kerja ??? Yakin kalian kuliah sambil kerja ?? Memangnya kamu gak keteteran untuk menjalankan tugas - tugasnya belum ujiannya , memang kalian tidak ketinggalan ?? Terus klo cuti apakah kalian masih bisa lanjut ?? Klo itu sih gak masalah bagi aku asalkan kalian harus pintar - pintar bagi waktu yang mana waktu kuliah yang mana waktu untuk bekerja klo mau ngejalaninnya secara efektif saya sarankan kalian ambil kelas karyawan saja deh biar kalian mudah untuk ngejalaninnya. Kuliah sambil berbisnis , kalian yakin ngejalanin kuliah sambil berbisnis ?? Terus klo ada orderan dari pelanggan gimana tuh ?? Apa gak keteteran ?? Klo mau mudah ambil kelas karyawan saja sama seperti halnya kuliah sambil kerja dan itupun kamu menjadi pebisnis muda. Nah buat kalian ( adik - adik yang masih SMA/SMK ) yang sebentar lagi melepas masa - masa sekolah kalian harus menentukan pilihan kalian karena masa depan kalian ada di tangan kalian bukan orang lain. Tetapi ingat , jangan lupa sholat lalu berdo'a kepada Allah SWT agar kalian bisa dipermudahkan dalam segala urusannya insyaallah pasti akan berjalan lancar. Sekian lama dan trims 😍😘🤗😂 Assalamualaikum 🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalamanku Waktu Aku Dibully Dan Dijahatin

Halo semuanya berjumpa lagi dengan saya Citra Anindyas panggil saja Citra sudah lama aku nggak nulis blog nih karena aku lagi males nulis blog saja *hahahaha emang dasarnya lo males cit , lagian juga gua mau ngeblog apa yang ditulisin* eh malah curhat nih anak wkwkwkwk XD. Oke , saya ingin cerita mengenai kisah hidupku di masa - masa sekolahku yang selalu saja dibully sama temannya orang , musuh , temen sendiri *wah parah amat ya* , senior dan bahkan gurunya sendiri *ini sih bukan dibully melainkan juga di jahatin arghhhh serah lo lha cit*. Oke , kali ini saya mau cerita pengalamanku dibully dan dijahatin dari TK , SD , SMP hingga SMA. Pertama , waktu tahun 2002 merupakan awal pertama kali saya masuk TK nol kecil di TK DHARMASARI lalu saya memiliki teman - teman baru yang nggak cuma sama - sama nol kecil bahkan ada yang nol besar ya soalnya nol kecil sama nol besar kelasnya dijadikan 1 waktu saya mau ngenalin ke teman - teman baru awalnya saya pengen ngedeketin anak - anaknya lalu ada

PULANG KAMPUNG 2013

Tadinya saya mudik hari Minggu , 4 Agustus 2013 habis shalat tarawih tapi nggak jadi karena malemnya itu macet jadi ayah saya memutuskan mudiknya hari Senin , 5 Agustus 2013 saya berangkat dari rumah itu tadinya pukul 09.00 WIB karena macet jadi ayah saya memutuskan berangkatnya jam 11 siang . Perjalanan dari rumah ke Cikampek itu lancar banget tidak seperti tahun 2012 yang selalu macet parah saya nyampe ke Klatennya pas lebaran ke 2 tahun ini saya nyampe Klaten hari Selasa , 6 Agustus 2012 jam 7 pagi saya di Klaten cuma 1 hari dan sayapun senang banget ketemu tante , adik2 sepupuku , bude , pakde , nenek , kakek,dsb. Sedangkan saya berangkat ke Surabaya juga lancar dari Klaten menuju Solopun juga lancar tapi macetnya itu cuma ada lampu merah doang dari Solo,Sragen - Jawa Timur ramai lancar saya nyampe ke Surabaya jam setengah 10 malam nyampe rumah nenek jam 11 malam . Jadi saya dikampung cuma 8 hari dan ini saya tunjukann foto2ku waktu gue di kampung  Taraaaa ini dia foto2k

MIMPI YANG INDAH DI MALAM KEMARIN

Semalem saya tidur jam 1 malem tidur dengan nyenyak lalu setelah udah 1 menit tidur saya mimpi " Gue mendadak jadi orang kaya setelah lulus SMA " jadi ceritanya begini lho " Tahun 2016 gue lulus mendapatkan nem yang memuaskan *(sorry gue nggak sebut nemnya berapa)* gue ditanya sama temen2 gue begini " Cit , lo mau lanjut kemana nanti ?? " lalu gue jawab " Gue ingin lanjut kerja dulu , soalnya gue mau lanjut kuliahnya tunda dulu jadinya tahun depan " temen gue " Lho , memangnya kenapa lo mau lanjut kerja ???" gue " Soalnya gue ingin cari duit dulu buat biaya keluarga dirumah sama buat bayar kuliah nanti " temen gue " Oh begitu.... ". Nah setelah gue cari pekerjaan yang cocok untuk gue ternyata ada salah satu tempat yang ingin mencari para pekerja yaitu salah satu restaurant makanan cepat saji sedang mencari pemasak , sama bagian tugas bersih2 nah disitu gue melamar di restaurant itu menjadi petugas kebersihan , gue melama